Senin, 23 Januari 2012

Terapi Berkuda


Terapi berkuda memiliki banyak manfaat bagi anak-anak terutama anak autis. yaitu antara lain:
1. Dapat mengembangkan kepercayaan diri.
2. Meningkatkan kemampuan berbahasa.
3. Membantu anak belajar berkomunikasi dengan menggunakan perilaku nonverbal,
4. Melatih koordinasi dan menjalin sosialisasi dalam hal kontak mata dan bahasa.
5. Menghilangkan kebiasaan menggerak-gerakkan tangan berulang-ulang pada anak autis.

Menurut Geraldine Dawson, chief science officer di kelompok advokasi Autism Speaks. "Anak dapat belajar bahwa dengan membuat satu gerakan tertentu atau suara tertentu, kuda akan merespons dengan satu cara tertentu pula".

Terapi berkuda bisa membuahkan hasil, bila dilakukan secara rutin. Minimal satu kali seminggu. Lebih sering lebih baik.

Sampai saat ini, kelihatannya di sekitar Jabodetabek belum ada Sekolah Khusus atau tempat terapi  Autisme yang menyediakan terapi berkuda. Sekolah Khusus Al Ihsan yang beralamat di Lengkong Karya ( di dekat BSD) pernah menyewa kuda untuk dinaiki siswa secara bergantian. Namun karena keterbatasan waktu dan lahan, tidak dapat dilakukan secara rutin.  Jika ingin menyewa secara rutin maka orang tua bisa membawa anaknya ke Sekolah Sinar Cendekia yang ada di BSD ( dari Polsek BSD belok kiri). Di sana ada sekitar 17 ekor kuda. Harga sewa kuda cukup terjangkau, yaitu 50 ribu untuk sekali naik. Dari persiapan sampai selesai kira kira waktunya 50 menit.

Semoga usaha orang tua dalam memberikan pendidikan anak autis nya membuahkan hasil. Memang membutuhkan kesabaran, usaha keras dan biaya yang tidak sedikit. Namun jika diniatkan untuk ibadah, maka akan tidak terasa memberatkan. Allah Maha Adil. Seluruh usaha orang tua tentunya dibalas oleh Allah. Jika tidak di dunia tentunya di akhirat nanti. Amiin.

Dari berbagai sumber dan Healthylife.com
Gambar dari:  Flickr.com   
                                                               

2 komentar:

  1. Aslmkm...
    Membuat saya bernostalgia, ketika kecil betapa takutnya saya, oleh ayah sering-seringlah diajak naik kuda, dan hasilnya, walau kurus dan badan kecil, tapi keberanian bisa besar.. Alhamdulillah...

    BalasHapus
  2. www. Alhamdulillah. Berarti terbukti ya. Bahwa menunggang kuda bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Trm ksh atas "sharing" pengalamannya yang bermanfaat ya.

    BalasHapus