Kamis, 02 Juni 2011

TIPS MENDAPATKAN PEKERJAAN DAN REZEKI YANG HALAL / Doa Dimudahkan Rezeki dan pekerjaan.


Siapa yang mau mendapatkan rezeki yang mencukupi dan halal? Tentunya semua mau khan? Nah, ada tips yang penting. Sudah dilaksanakan oleh saudara, beberapa teman dan juga oleh anak didik kami yang semula anjal. Mantan anjal ini akhirnya bisa mendapat pekerjaan yang layak. Ada teman saya yang suaminya di PHK, dengan izin Allah dan usaha keras mendapatkan jalan keluar dari Allah. Bahkan ada kawan yang suaminya pegawai negeri, dengan istiqomah membaca doa dan beribadah, akhirnya bisa naik haji. Alhamdulillah.

Berikut tips nya:

1.Dekatkan diri kepada Allah dan niatkan bahwa kita mencari rezeki dalam rangka ibadah kepada Allah, bukan untuk berfoya-foya atau bermaksiat kepada Allah.

2. Miliki suatu ketrampilan atau keahlian maupun pengetahuan yang mencukupi untuk mendapatkan rezeki.

3. DOA MOHON REZEKI dengan menyebut nama-nama Allah.

وَلِلّهِ الأَسْمَاء الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

Artinya : “Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu.” (QS. Al A’raf : 180)

Baca doa sesudah sholat fardhu dengan mengikuti adab berdoa yaitu: baca istighfar, sholawat kemudian baca doa:

"ALLAAHUMMA ...              YAA AHAD
YAA WAAHID   .....               YAA MAUJUUD
YAA JAWWAAD ...                YAA BAASITH
YAA KARIIM...                     YAA WAHHAAB
YAA DZATHTHOULI ...        YAA GHONIY
YAA MUGHNII  ...                YAA FATTAAH
YAA ROZZAAQU...               YAA 'ALIIM
YAA HAYYU ...                     YAA QOYYUUM
YAA ROHMAAN ...               YAA ROHIIM
YAA BADII'AS SAMAWATI WAL ARDH
YAA DZAL JALALI WAL IKROOM
YAA HANNAAN...                YAA MANNAAN


INFAHNI MINKA BI NAFAHATIN KHOIRIN TUGHNINII 'AMMAN SIWAAKA"

Artinya :
Wahai Allah...                          Dzat Yang Maha tunggal....
Yang tidak memiliki bagian...           Yang tidak menyerupai makhluk dan tidak ada sekutu,
Yang Maujud...                                 Yang amat murah hati,
Yang melapangkan rezeki...             Yang Maha mulia,
Yang Maha memberi...                     Yang memiliki anugrah,
Yang Maha kaya...                            Yang Maha membuka,
Yang Maha memberi rezeki...          Yang Maha mengetahui,
Yang Maha hidup...                          Yang berdiri sendiri,
Yang Maha pengasih...                     Yang Maha penyayang,
Yang Maha menciptakan langit dan bumi,
Yang memiliki keagungan dan kemuliaan,
Yang Maha pengasih...                    Yang Maha memberi,

Semerbakkanlah aku dari Mu dengan semerbak yang baik yang dapat mencukupi aku dari selain Engkau.


NB: Untuk menghafal Asmaul Husna yang lengkap bisa lihat "Video Asmaul Husna" di blog ini.

4. Biasakan sholat dhuha dan baca doa sholat dhuha, sebagai berikut:

"Allohumma innad dhuha'a dhuha uka, wal baha'a baha uka, wal jamala
jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudhrota qudhrotuka, wal ismata
ismatuka, Allohumma in kana rizqi fii sama'i fa'anzilhu, wain'kana fil ardhi fa
akhrijhu, wa'inkana mu' syaron fa yasyirhu, wa'in kana haroman fathohirhu, wa'inkana ba'idan faqorib'hu, bihaqi dhuha'ika, wabaha'ika, wa'jamalika, wa quwwatika, wa qudhrotika, aatini ma'ataiyta ibadakas sholihin "

5. Optimis, berfikir positif. Selalu berprasangka baik terhadap Allah dan terhadap sesama. Dalam hadis Qudsi Allah berfirman: "Aku sebagaimana prasangka hambaKu".

6. Rajin bersedekah.

Mengenai sedekah, saya jadi ingat pengalaman pribadi yang tak terlupakan... Hari itu saya sedang naik angkot ke arah BSD, saya penumpang satu-satunya. Di perjalanan supir angkot memberi sumbangan kepada orang yang mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid sambil berdoa keras-keras. Terus terang saya heran melihat tingkah laku si sopir. Kemudian tanpa ditanya sang sopir bercerita. Kira-kira begini ceritanya: " Bu, saya pernah narik angkot siang-siang, belum dapat setoran baru dapat sekitar 3 ribu. Di perjalanan saya lihat ada nenek nenek ndeprok di pinggir jalan. Saya berhenti dan menawarkan nenek tersebut untuk naik, tapi si nenek menolak, katanya tidak punya ongkos. Saya bilang " Naik aja nek, ngga usah bayar ..." akhirnya si nenek naik angkot dan saya antar ke tempat tujuannya, kemudian waktu turun saya berikan uang Rp 3000,- yang saya punya....Bu, setelah itu saya ngga pernah kekurangan setoran. Lihat! sekarang setoran saya hari ini sudah terkumpul"..Padahal hari belum terlalu siang baru sekitar jam 10. Kemudian si sopir melanjutkan "Tapi saya ngga pernah lihat nenek-nenek itu lagi bu, jangan-jangan dia malaikat ya ...". Wallahu 'alam. Mungkin aja ya. Memang janji Allah itu benar, Dia akan melipat gandakan sedekah. Dan dari contoh sopir angkot di atas kita bisa ambil kesimpulan bahwa kalau mau sedekah ngga usah tunggu kaya ya, yang penting ikhlas. Justru sedekah yang dikeluarkan pada waktu susah itu nilainya lebih tinggi.


Tips tambahan
Tips di atas alhamdulillah sudah terbukti mujarab (emangnya obat :)...). Namun kalau mau usaha lebih keras lagi ada satu tips yang mungkin agak sulit namun "worth it", yaitu menghafal surah Al Waqiah dan membacanya setiap hari. Untuk metode menghafal agar tidak mudah lupa bisa dilihat di posting saya yang terbaru (Sept 2011).

Saya baru saja mendengar cerita dari teman saya. Dia membina anak anak jalanan, menyalurkan SPP dan kebutuhan sekolah mereka. Tadi pagi ada tiga anak yang datang mau minta dana SPP dan untuk membeli celana yang sudah usang. Teman saya kira kira mengatakan begini: "Nanti ya, saya belum dapat dana lagi. Sekarang kamu setor aja hafalan surah Al Waqiah". Memang sebelumnya dia menganjurkan anak anak ini untuk menghafalkan surah Al Waqiah.

Salah satu anak baru menyetor sampai ayat ke 20, ketika tiba tiba ada suara motor menderu. Subhanallah... teman saya sampai gemetar, temannya yang biasa menitipkan uang infaq, datang naik motor pinjaman membawa uang 1 juta rupiah. Anak anak juga sampai terbengong bengong. Kok, seperti "Sim Salabim ...Abrakadabra....". Eh, salah itu mah istilahnya penyihir. Kalau Allah mau menjadikan sesuatu mudah sekali ya, "Kun faya kun". "Jadilah, maka jadilah ia".
Bayangkan itu baru 20 ayat, anak tadi memang baru hafal 20 ayat. Bagaimana kalau sampai selesai menghafalnya. Subhanallah...

Ketika kejadian ini disampaikan di pengajian. Teman yang menyetorkan uang tadi mengatakan "Saya baru pulang dari bepergian, mobil sudah dimasukkan ke garasi. Baru mau istirahat, saya teringat uang titipan untuk anak jalanan. Tadinya saya malas mengantarkan dana itu, sedang cape. Tapi khawatir, jangan jangan anak anak membutuhkan dana tersebut." Maka ia keluar lagi dari rumah meminjam motor tetangga yang memang sudah siap, langsung berangkat mengantar uang 1 juta. "Seperti ada yang menggerakkan", katanya. Siapa yang menggerakkan? tentunya Allah SWT...Allahu Akbar !!


Ok deh. Diamalkan ya. Semoga harta yang kita peroleh berkah. Kalau menurut saya harta tidak perlu melimpah, cukup pas-pasan aja. Pas butuh pas ada. Pas anak mau sekolah, pas rezeki ada, pas mau naik haji pas rezeki ada....enak kan .. :)

NB: Thanks for my younger sister, Anita who shared this prayer. Jazakillah khoir.
Gambar diambil dari miracle4all.blogspot.com. Trm ksh.

41 komentar:

  1. nice info..nice sharing..semoga ini jadi pelajaran berharga untuk saya..untuk terus berusaha dan berdoa..bukannya semakin mengeluh..
    saya pasrahkan semua kepada 4JJ1 ta'ala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Alhamdulillah. Semoga kita diberi kesabaran dalam menghadapi ujian hidup dan diberi jalan keluar yang terbaik. Amiin.

    BalasHapus
  3. Sangat menginspirasi sekali posting anda..Tepat sekali dengan moment saya mencari pekerjaan yang begitu susah..sering sekali gagal..

    Mungkin ini cara 4JJ1 untuk terus memberikan harapan kepada saya..tidak berburuk sangka padaNya..

    Trima kasih pak..Kesulitan yang pedih ini..ketika saya mencari pkerjaan ini akan jadi kenangan yang sangat indah nantinya..Banyak pengalaman yang saya peroleh..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah. Semoga Allah memberi jalan keluar yang terbaik. Amiin. Btw saya ibu2 lho :)...

    BalasHapus
  5. subhanallah.. saya juga pernah mengalaminya. mendapatkan rejeki yang berlipat2 ganda.. amin ya rabb..

    BalasHapus
  6. Sangat tepat dengan diri saya yang saat ini sedang mencari pekerjaan..begitu pedih dan perih ujian Allah.dengan seringnya gagal dan dengan tips ini Insya Allah saya mempu menghadapi cobaan ini. Amein

    BalasHapus
  7. Semoga dimudahkan jalannya, dimurahkan rezeki yang berkah dan diberi kesabaran ya. Amiin YRA

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Subhanallah, ketika sang Maha Kaya berkehendak semua akan terwujud... asalakan bersabar dan berusaha...cerita di atas sangat berkesan dan bagus.
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  9. Wa 'alaikun salam wr. wb. Semalam sy nonton "Chatting with YM" acaranya Yusuf Masyur lalu sy termotivas utk sedekah malam itu juga. Pagi2 sy dapat kabar program pemberdayaan dhuafa yg kami kelola dapat sumbangan 5 juta. Agak siangan dikit ada lagi yg mau nyumbang 10 juta. Subhanallah Allahu Akbar.

    BalasHapus
  10. subhanallah...

    BalasHapus
  11. setelah saya membaca cerita di atas,wah susah di ungkapkan dgn kata2..sangat menyadarkan diri saya,dan sangat memberikan semangat kepada saya..

    semoga yg punya blog ini di beri berkah oleh ALLAH.amin

    BalasHapus
  12. Aamiin YRA. Alhamdulillah. Baca novel "Gerbong Kehidupan" deh. Insya allah juga menginspirasi. Terima kasih atas doa dan tanggapannya ya.

    BalasHapus
  13. assalamualaaikum,thanks berguna sekali untuk memotifasi diri saya untuk terus mdapat kan ilmu yg bermanfaat.....

    BalasHapus
  14. Wa 'alaikumussalam wr. wb. Alhamdulillah ...

    BalasHapus
  15. terimakasih pencerahanya

    mudah-mudahan ada rezekinya di toko kerudung moderen

    aamiin :)

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum.........bagus sekali motivasi yg ada smg kebaikan dan kenikmatan sll tercurahkan buat kita semua. aamiin

    BalasHapus
  17. terimamkasih ia buu..Allahhuakbar..Tak ada yang tidak mmungkin bagi Allah..

    BalasHapus
  18. Sama sama Osa. Dipraktekkan ya... semoga sukses selalu

    BalasHapus
  19. Saya sudah lama ingin menulis sesuatu seperti ini di situs web pakar seo saya sendiri dan sekarang anda telah memberikan saya ide untuk menulis, terima kasih

    BalasHapus
  20. ALHAMDULILLAH HIROBIL ALAMIN... dapat Ilmu Baru...
    Insyah ALLAH akan Saya Amalkan. Semoga Allah Meridhoi. Amin......

    Ok Terimah Kasih..

    BalasHapus
  21. Semoga rezeki kita adalah rezeki yang halal..makasih atas sharingnya..

    BalasHapus
  22. Terimakasih infonya bu diah... memperkaya amalan yang biasa saya praktekkan... saling melengkapi... kapan2 bisa sharing... tentang bacaan asmaul husna tsb apa ada referensi sahabat nabi yang mengamalkan...

    BalasHapus
  23. Terimakasih infonya bu diah... memperkaya amalan yang biasa saya praktekkan... saling melengkapi... kapan2 bisa sharing... tentang bacaan asmaul husna tsb apa ada referensi sahabat nabi yang mengamalkan...

    BalasHapus
  24. assalamualaikum izin share ya...

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Sangat bermanpaat kusus nya untuk pribadi saya sendiri... Begitu menyentuh mata batin hati saya... Yg saya alami sekarang... Mudah_mudahan ini menajadi motipasi dan pelajaran berharga buat hidup ke depan nya... Aamiin allahuma aamiin

    BalasHapus