Minggu, 22 Mei 2011

Blackhole

Beberapa waktu yang lalu saya membaca berita di koran Republika bahwa seorang cendekiawan dari Mesir Prof Dr Zagloul Mohamed El-Naggar, menyatakan bahwa ayat Qur'an surat At Takwir 15-16 mengacu kepada black hole. Coba dibuka deh Al Quran nya. Terjemahannya seperti ini:
“Sungguh, aku bersumpah dengan bintang-bintang (yang tersembunyi)... “

Apa hubungannya ya? blackhole itu apa sih?

Secara umum ada 2 macam black hole yaitu: Stellar dan Supermassive.
Yang pertama Stellar black hole, terbentuk setelah matinya bintang. Ada di galaxy tapi bukan di pusatnya. Yang ke dua Supermassive Black hole ada di pusat galaxy. Diperkirakan ada dari awal pembentukan semesta

Ok, kita bahas soal peristiwa matinya bintang dulu ya. Di bintang terjadi reaksi fusi, yaitu bersatunya dua atom ringan manjadi atom yang lebih berat, hidrogen saling bertabrakan dan menyatu menjadi helium. Reaksi ini terjadi pada bintang yang kelihatan di malam hari maupun yang kelihatan di siang hari. Lho? emangnya bintang kalau siang kelihatan?...iya dong, matahari itu kan bintang yang paling dekat dengan kita.

Selama bahan bakar masih ada maka reaksi akan terus terjadi.Bila bahan bakar habis maka bintang akan mati. Matahari kita sudah separuh umur yaitu ~5 milyar tahun, insya Allah 5 milyar tahun lagi mati. Setelah mati bintang menjadi “red giant”, lalu berubah menjadi:

- White dwarf, untuk bintang kecil.
- Nebula, contoh nebula mawar merah untuk bintang sedang.(Matahari kita termasuk ini).
- Black hole untuk bintang dgn ukuran minimum 25 X matahari kita.
Untuk bintang dengan ukuran minimum 8 X matahari, maka bisa terjadi supernova, yaitu peristiwa meledaknya bintang.

Tentang nebula mawar merah ini ada ayat Al Quran yang relevan yaitu QS 55:37. “Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.” Mau lihat gambarnya?



Gambar di atas diambil dengan telescope. Menurut perkiraan Nebula Mawar Merah ini (kalau versi bahasa inggrisnya "cat eye nebula". Kayanya lebih cocok mawar merah ya?..) terjadi 1000 tahun yang lalu. Berarti terjadinya sesudah Al Quran diturunkan. Tetapi apakah di tempat lain ada lagi? Wallahu A'lam, kemampuan manusia sangat terbatas. Apakah ini berati kiamat? yang jelas bukan kiamat besar buktinya bumi masih ada, ini kiamat untuk benda benda langit yang ada disekitarnya. Kalau matahari kita meledak tentunya bumi kiamat kan? Perlu diketahui bahwa nebula itu bermacam-macam bentuknya ada juga yang bentuknya seperti kupu-kupu, kepiting dan lain sebagainya.




Bintang ukuran besar (minimal 25 kali besar matahari kita) apabila mati bisa berubah menjadi blackhole, ukurannya mengecil dengan drastis, namun massanya sangat berat sehingga menjadi sangat padat.



Bisa ngga kalian bayangkan ... ada suatu bola yang diameternya hanya beberapa cm, namun massanya sama dgn bumi kita. Nah, blackhole analoginya seperti itu, ukurannya sangat kecil bila dibandingkan dengan ukuran semula sebelum meledak, tetapi massanya sangat besar.


Hal ini menyebabkan gravitasi blackhole menjadi sangat tinggi, semua benda di sekitarnya tertarik sampai cahaya pun tertarik sehingga warnanya menjadi hitam atau dengan kata lain tidak terlihat atau tersembunyi. Karena cahaya tertarik maka warnanya menjadi hitam maka disebut blackhole atau lubang hitam.

“Sungguh, aku bersumpah dengan bintang-bintang (yang tersembunyi),
yang beredar dengan cepat “ (QS. At takwir: 15 -16 )

Perhatikan bahwa di Al Quran pada umumnya, kata "khunnas" pada ayat ini diterjemahkan sebagai bintang, padahal kata ini juga bisa berarti tersembunyi, seperti ayat dalam surah annas  ....."min syarril waswasil khonnas". Sedangkan yang lebih umum dipakai utk bintang adalah "an najm". Jadi menurut saintis Mesir Prof Dr Zagloul Mohamed El-Naggar, .... kata ini lebih cocok diterjemahkan menjadi bintang yang tersembunyi. Apa itu bintang yang tersembunyi ? ya blackhole.

Al Quran sudah menyebutkannya lebih dari 14 abad yang lalu, padahal manusia baru menemukan dan mendefinisikan apa itu blackhole pada akhir abad ke 19. Islam lebih maju 30 abad lebih.

Bahkan Al Quran lebih akurat dalam menggambarkan blackhole yang sebetulnya bukan berwarna hitam tetapi lebih tepatnya tersembunyi karena tidak ada cahaya. Coba deh kalian lihat sekeliling dalam keadaan mati lampu pada malam hari, semua warna benda jadi hitam kan? walaupun aslinya tidak hitam.

Dan sebetulnya blackhole itu belum tentu hole atau lubang, tetapi dianggap seperti lubang karena semua yang mendekat akan tertarik. Waduh  bayangkan kalau kita ada di dekatnya, seru kali ya tertarik ke dalam blackhole. Ada apa di dalam blackhole? Wallahu a'lam. Blackhole adalah sesuatu yang sangat misterius.

 Apa bedanya stellar blackhole dan super massive blackhole ?...

Stellar blackhole terbentuk setelah bintang dengan ukuran besar mati, seperti yang sudah saya uraikan di atas. Sedangkan supermassive blackhole belum diketahui dengan pasti proses pembentukannya, diperkirakan terjadi pada awal penciptaan jagatraya.   Massa dari supermassive blackhole bisa mencapai beberapa juta sampai milyaran kali massa dari stellar blackhole.

Menurut para ahli diperkirakan di setiap pusat galaksi terdapat supermassive blackhole. Dengan kekuatan gravitasinya maka keseluruhan galaksi berputar mengelilinginya.

Ada dua fase dari super massive blackhole yaitu masa aktif  "makan" benda yang ada di sekitarnya dan fase di mana sudah tidak aktif "makan". Pada fase pertama blackhole tidak kelihatan hitam, bahkan kelihatan sangat terang dan mengeluarkan gas dengan kecepatan sangat tinggi..( lihat video berikut)
                                                     
                                                       VIDEO BLACKHOLE




 Pada fase ini segala macam benda termasuk bintang ataupun benda yang bersinar pun di makan sehingga mengeluarkan cahaya yang terang, bahkan 2 galaxy  bisa bersatu karena saling tarik menarik.  Blackhole dianggap sebagai objek luar angkasa yang paling merusak. Setelah fase pertama selesai, blackhole tidak makan lagi maka baru kelihatan hitam, tetapi kalau ada yang lewat ya ketarik juga,  jadi jangan coba2 mendekat ya :)..

Bagaimana cara mengetahui adanya blackhole padahal dia tersembunyi atau tidak kelihatan?..

Blackhole dapat diketahui keberadaannya dikarenakan adanya suatu objek yang dikelilingi oleh bintang atau benda lain yang jauh, bisa berjarak 2 minggu kecepatan cahaya (bandingkan deh...matahari yang menurut kita jauh saja ternyata sinarnya mencapai bumi dalam kira-kira 8 menit cahaya saja). Dan kecepatan bintang yang mengilingi objek  tersebut mencapai ribuan km perdetik. Ini menunjukkan bahwa yang dikelilingi adalah sesuatu yang memiliki gravitasi sangat kuat. Menurut perkiraan para ahli, tidak ada benda langit lain yang memiliki gaya gravitasi sekuat itu selain blackhole

Pernah ngga kalian melihat suatu  benda yang diikat dengan tali pada satu ujungnya dan ujungtali satunya diikat ke jari tangan, lalu diputar. Kalau diputar dan ditarik dengan kuat maka tali akan tegang dan benda tersebut akan berputar dengan cepat, sebaliknya bila tidak ditarik kuat-kuat maka benda berputar perlahan. Begitulah perumpamaannya blackhole. Benda langit yang terdekat dengan blackhole bisa berputar sangat kencang yaitu bisa mencapai  ribuan km per detik... (bandingkan dengan kecepatan mobil yang  kita kendarai, 150 km per jam saja sudah menakutkan). Ini menunjukkan bahwa gravitasi dari blackhole luar biasa...


Sumber: Nasa.com, Wikipedia, Youtube, Republika, dll.

2 komentar:

  1. berarti semua ada batasnya dan ada waktunya," buat lah hidup kita bermanfaat untuk orang lain,buat lah tabungan di aherat nanti, karna kita manusia pun ada batas nya,bersukur kita yg di ingatkan/yg ingat, bahwa itu semua akan terjadi, "allahuakbar"

    BalasHapus
  2. Ya. Betul sekali.Semoga kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya di jalan Allah. Amin.

    BalasHapus