Sabtu, 21 Mei 2011

Big Bang


Assalamu'alaikum wr.wb.

Sudah lama sekali nih saya ngga nulis di blog, mau mulai lagi ah..

Awal saya menulis kan karena sebagai guru SMPIT saya suka cerita di kelas. Istilah murid-murid "tausyah". Nah, daripada bahan bahan tausyah yang sudah disampaikan lalu hilang begitu saja jadi saya tulis aja di blog.... terakhir beberapa hari yang lalu saya menyampaikan soal ayat-ayat Al Qur'an yang berhubungan dengan semesta alam. Ternyata ada banyak sekali lho... ada soal Big Bang, nebula mawar merah, Black Hole dan lain sebagainya. Kali ini saya mau menyampaikan soal Big Bang ya, tapi bukan Big Bang nama grup band lho :). Sekalian dengan video yang berhubungan. Video ini adalah produksi dari National Geographic yang saya ambil dari Youtube.


Dalam surat Al Imran (QS 3:190-191) Allah berfirman:“ Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka.”


Allah menganjurkan kita untuk selalu berzikir dan memikirkan penciptaan langit dan bumi. Bagaimanakah awal penciptaan langit dan bumi?

Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia, Alexander Friedmann, dan ahli kosmologi Belgia, George Lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan mengembang. Beliau baru menghitung secara teori lho, inilah salah satu gunanya mempelajari matematika dan fisika..

Nah pada tahun 1929 baru teori ini terbukti. Ketika mengamati langit dengan teleskop, Edwin Hubble, seorang astronom Amerika, menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak saling menjauhi. Kesimpulannya alam semesta terus-menerus "mengembang“. Bayangin deh kalau kamu meniup balon yang sudah digambar titik titik sebelumnya. Semakin balon ditiup maka balon makin mengembang dan titik titik yang tadinya berdekatan lama-lama jadi berjauhan, kan?

Berarti ada suatu waktu di mana alam raya ini tadinya sangat berdekatan atau dengan kata lain menjadi satu. Inilah yang dinamakan teori Big Bang. Berasal dari sesuatu yang sangat kecil, lebih kecil dari atom, bahkan dari sesuatu yang tidak ada, kalau orang bule yang di video bilang "literally nothing". Awalnya ruang dan waktu juga tidak ada, lalu mendadak dalam waktu sepersekian miliar-miliar detik titik kecil berukuran lebih kecil dari atom itu meledak menjadi seluas miliaran kilometer. Subhanallah .... Inilah proses awal penciptaan langit dan bumi, yang menurut perhitungan hal ini terjadi sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu dan tanpa suara lho, karena di luar angkasa itu hampa udara. Coba lihat video berikut deh..
VIDEO BIG BANG

video



QS 21:30 "Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman? “
QS 51:47 “Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan Kami benar-benar meluaskannya.”
Pada waktu mengamati angkasa luar para peneliti mendapati bahwa benda benda di alam semesta semakin menjauh satu sama lain dengan kecepatan yang justru makin tinggi. Mereka terheran-heran karena menurut perkiraan semula kecepatan menjauhnya semakin lama semakin lambat. Karena belum bisa menjelaskan proses ini maka para peneliti mengatakan “dark energy” lah yang membuat benda benda di alam semesta semakin jauh satu sama lain dengan kecepatan semakin tinggi. Padahal dalam ayat di atas sudah dijelaskan bahwa Allah lah yang benar-benar meluaskannya. Allahu Akbar.